edisi kusus

edisi kusus
Klik gambar... untuk melihat cerita, silsilah, foto keluarga Darmoredjo

Peduli Legenda Sejarah Lokal

Jumat, 26 Maret 2010

Agung Cahyo Wibowo 
Alamat : Jl. Welirang Kepanjen-Malang
Pendidikan Akhir : Teknik Informatika Komputer
Hobby : Scooteris, Pecinta Alam, Koleksi barang kuno
HP  /  WA  /  Line .................. 081.2336.17717
e-mail .............  agungpanjen@gmail.com



Latar Belakangnya
Penulisan legenda dan sejarah  sangat krusial bagi keberlangsungan kehidupan masa kini dan masa depan. Pada masa lalu leluhur menghadapi peristiwa dan menyelesaikan masalah bukan sekedar jatuh dari langit atau pemberian dari penjajah, tetapi melalui suatu proses panjang dengan cara pendekatan pada sang pencipta, berjuang melawan ganasnya jaman demi mewujudkan hal yang terbaik untuk semua generasi.

Sehingga tidaklah berlebihan jika penulis dalam mencari data dan upaya memberikan suatu  informasi dengan menulis artikel di :

webs : http://www.agungkepanjen.blogspot.com

Tujuannya :
Adapun tujuan menulis yaitu:
  1. Menggali sejarah dan menginformasikan segala sesuatu, baik itu saksi fakta data, situs peninggalan maupun peristiwa, pendapat dan pandangan terhadap fakta data dan peristiwa.
  2. Menggali legenda, cerita rakyat, dongeng dan menginformasikan segala sesuatu cerita sesepuh daerah, dari media cetak yang didukung fakta data dan peristiwa.
  3. Berusaha membuat tulisan Artikel tentang legenda, sejarah dengan lebih sistematik, fokus, dan bisa diambil hikmah dibalik suatu kejadian tersebut.
Sumber primer adalah kesaksian dari seorang saksi yang melihat dengan mata kepalanya sendiri dan mengalami sendiri peristiwa tersebut . Sumber sekunder yaitu kesaksian dari saksi orang lain.

Original Post at: http://gandrungrontak.blogspot.co.id/2013/11/metode-penulisan-sejarah.html
Metode
Sumber primer adalah kesaksian dari seorang saksi yang melihat dengan mata kepalanya sendiri dan mengalami sendiri peristiwa tersebut . Sumber sekunder yaitu kesaksian dari saksi orang lain.

Original Post at: http://gandrungrontak.blogspot.co.id/2013/11/metode-penulisan-sejarah.html
Agung Cahyo Wibowo dari Kepanjen1. Menggunakan Data primer karena data sumber penulis didapat secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara, jajak pendapat dari individu atau kelompok (orang), mengumpulkan sumber data berupa foto kejadian, maupun hasil observasi dari suatu obyek pembahasan.

Karena dengan menggunakan Data Primer mempunyai kelebihan yaitu lebih mencerminkan kebenaran berdasarkan apa yang dilihat.dan didengar langsung oleh penulis sehingga unsur-unsur kebohongan dari sumber yang fenomenal dapat dihindari.
Tentu juga ada kekurangan dari data primer karena membutuhkan waktu yang relatif lama serta biaya yang dikeluarkan relatif cukup besar.


2. Menggunakan Data sekunder karena data sumbe rpenulis didapat secara langsung melalui buku-buku literatur, catatan, bukti yang telah ada, atau arsip baik yang dipublikasikan maupun yang tidak dipublikasikan secara umum. Dengan kata lain, peneliti membutuhkan pengumpulan data dengan cara berkunjung ke perpustakaan/Internet untuk membaca banyak buku yang berhubungan dengan suatu judul/tema penulisan Artikel.

Karena dengan menggunakan data sekunder mempunyai kelebihan waktu dan biaya yang dibutuhkan oleh penulis untuk mengklasifikasi permasalahan dan mengevaluasi data, relatif lebih sedikit.

Tentu juga ada Kekurangan dari pencarian data secara sekunder karena dimungkinkan sumber data terjadi kesalahan, kadaluwarsa atau sudah tidak relevan dapat mempengaruhi hasil penelitian.


Merealisasi Ide Gagasan
Menggali, Melestarikan dan Mengembangkan
Seni-Budaya-Legenda-Sejarah
Malang - khususnya Ibukota Kepanjen
 
Proses Menggali 
Penulis tidak terlalu muluk-muluk dalam berangan-angan, hanya diawali dengan hobby trafeling yang diniatkan untuk silaturrohmi ke orang-orang tua dan orang yang peduli seni-budaya., dari hasil pembicaraan ini oleh penulis didokumentasi dengan catatan kertas, foto, dipinjami dan diberi foto-foto tempo dulu tentang Kepanjen Malang.

Proses Melestarikan
Dengan pengamatan dan renungan akhirnya kami menemukan ide-ide, karya seni dan karya tulis berupa :
1. Menulis dan menginformasikan ke :
    - mendia cetak (tabloit, majalah),
    - media elektronik (website di internet)
2. Mengkoleksi foto-foto tempo dulu Malang,
    khususnya kepanjen
    - mengadakan pameran foto tempo dulu
      (klik dokumen kepanjen)
3. Membuat catatan dan arsip data sejarah
4. Melakukan penelitian ilmiah, mengadakan
    Seminar dan menjadi nara sumber  
5. Obrolan bersama masyarakat di warung kopi

Proses Mengembangkan
1. Membuat buku legenda sejarah Malang
2. Menemukan sejarah peradapan awal Kepanjen (bisa menjadi ikon baru)
3. Membuat  i d e - i d e   k a r y a   s e n i   (batik dan ukir)
4. Siap bekerja sama dengan semua pihak, 
    Dengan kerendahan hati saya mohon saran kritikan yang membangun, juga restu dan doa kepada para pembaca, agar kita selalu diberi kemudahan dan kelancaraan oleh Allah SWT. amin.....

    Terima kasih......
    Penulis