Pelukis Komik Asal Kepanjen Malang

Menemukan Berlian di Tumpukan Jerami
Bio Data Teguh Santosa




Bagi para pencinta komik, nama Teguh Santosa tentu tak asing lagi. Komikus kelahiran Malang, Jawa Timur pada tanggal 1 Februari 1942 (meninggal pada tanggal 25 Oktober 2000) ini pernah menjadi salah satu komikus papan atas Indonesia pada zamannya bersama dengan R.A. Kosasih, Jan Mintaraga, Hans Jaladara, dan Ganes Th. Dengan ciri khas gambar-gambarnya yang eksotik dan detail garis ilustratif, Teguh Santosa pernah dipinang oleh Marvel Comics, salah satu penerbit komik terbesar di dunia yang berbasis di New York, sebagai ink-man. Serial Conan, Alibaba, dan Piranha adalah tiga serial komik yang pernah digarap oleh komikus yang terkenal lewat tokoh Mat Pelor ciptaannya ini sebagai ink-man.
 
Teguh Santosa meninggal dunia pada saat dunia komik Indonesia sedang mengalami kegalauan karena terjadi ”penjajahan” oleh komik impor Jepang pada tanggal 20 Oktober 2000 akibat kanker yang menyerang tangan kanannya. Karya pertama Teguh Santosa berjudul Paku Wojo dibuatnya pada tahun 1964, kemudian diikuti dengan karya roman sejarah Ranggalawe pada tahun yang sama. Selama hidupnya, Teguh Santosa berhasil menciptakan tidak kurang dari 125 judul komik.

Teguh, yang menikah dengan Sutjiati (almarhumah), memiliki empat anak bernama Theaterina Onwardini, Dhani Valiandra, Aprodita Anggraini, dan Dody Syailendra. Bakat seni turun kepada Dhani dan Dody yang memilih untuk kuliah di Institut Seni Indonesia, mewarisi darah seni dari ayahnya Teguh. Teguh sendiri berasal dari keluarga seniman ketoprak, ayahnya Soemarmo Adji dan ibunya Lasiyem adalah pemilik tobong ketoprak "Krido Sworo" yang terkenal. Teguh sendiri hanya menyelesaikan SMA di Malang, lalu pada tahun 1966 pindah ke Yogyakarta dan bergabung dengan "Sanggar Bambu", berguru melukis pada Kentardjo, Soenarto PR, dan sastrawan Kirdjomulyo. Menjelang akhir hidupnya, Teguh masih mengigau dalam ketidaksadarannya: "Keris itu harus dilempar ke lereng Tengger...". Teguh meninggal dengan tenang pada dini hari tanggal 25 Oktober 2000.

ARTIKEL POPULER

edisi kusus

edisi kusus
Klik gambar... untuk melihat cerita, silsilah, foto keluarga Darmoredjo