edisi kusus

edisi kusus
Klik gambar... untuk melihat cerita, silsilah, foto keluarga Darmoredjo

Topeng Malangan

Kamis, 22 September 2011

 
Sanggar Tari Topeng Kedungmonggo Pakisaji

Maestro Tari Topeng Malang Mbah Karimun (Almarhum) Wafat 15 Februari 2010, dimakamkan jam 10 pagi. Kegiatannya produksi topeng dan tari dilanjutkan oleh keluarganya, muridnya dan bersama istri mbah Karimun yang bernama Siti Maryam. Kegiatan di sanggar tetap melatih anak-anak kecil di lingkungannya untuk belajar membuat memahat kayu Topeng Malang dan tari Topeng Malangan.


 ------------------------------------------------------





Wayang Topeng Malang merupakan pementasan wayang Gedog yang dalam pertunjukannya mempergunakan topeng. Tumpang Malang yang dikenal dengan sebutan Topeng Jabung yang di bina Oleh Ki Soleh. Dalam pementasannya mengetengahkan ceritera-ceritera Panji dengan tokoh-tokohnya seperti : Panji Inu Kertapati, Klana Swandana, Dewi Ragil Kuning, Raden Gunungsari, dan lain-lain. Para penari mengenakan topeng dan menari sesuai dengan karakter tokoh yang dimainkan. sambil diiringi guyonan pendidikan kepada penonton. 

Bagus ditonton.....dengan dalang ki Soleh.



Perkembangan  Topeng Malangan

Sejumlah desa di wilayah Kabupaten Malang yang memiliki perkumpulan wayang topeng adalah; Dampit, Precet, Wajak, Ngajum, Jatiguwi, Senggreng, Pucangsanga, Jabung, dan Kedungmongo. 

Pada akhir tahun 1970-an, kecuali di Jabung dan Kedungmonggo, kehidupan wayang topeng di daerah-daerah lain nampak telah sangat menurun karena beberapa sebab sehingga dewasa ini para pemain dari desa-desa yang lain banyak yang kemudian bergabung dengan rombongan wayang topeng dari dua desa yang disebutkan terakhir, yaitu  :
  1. Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. 
  2. Desa Jabung Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang