edisi kusus

edisi kusus
Klik gambar... untuk melihat cerita, silsilah, foto keluarga Darmoredjo

3. Kapan Kepanjen ada Peradapan...?

Jumat, 10 November 2017

= Kajian Data Sejarah =

Penulis melakukan eksplorasi pada gagasan yang muncul (gagasan awal) tentang nama suatu dusun yang bernama "Tegaron" desa Panggungrejo kec. Kepanjen Malang. Gagasan awal ini dieksplorasi kembali untuk memperkuat perwujudan konsep pembuktian tentang kebenaran letak "wilayah tua yang bernama Tugaran" dengan menggunakan ekplorasi Internal dan ekplorasi Eksternal.

                                  1.   EKSPLOITASI    EKSTERNAL                  
                     


Pada tahap ini penulis melakukan kajian literatur dari berbagai sumber-sumber  seperti Artikel tentang sejarah Malang, baik dari buku maupun Internet. Kajian literatur ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman penulis tentang sumber gagasan yang akan dijadikan konsep kepastian dan memperkuat tujuan tentang "Peradapan Awal Kota Kepanjen" yang diawali pada watak Tugaran, yang keberadaanya ada setelah kerajaan Kanjuruan di bawah kekuasaan Empu Sendok, lalu terpecah wilayahnya menjadi : watak Hujung, Watak Kanjuron dan watak Tugaran. Secara umum alur pengkajian tentang sumber gagasan dilakukan mengeksplorasi reverensi dan petunjuk, dengan langkah Menentukan terlebih dahulu nama wilayah yang ada dari sumber data resmi antara lain :

1. Tulisan di Kitab Pararaton, yang berbunyi :
".......... Ken Angrok pergi dari Kebalon, mengungsi ke Turyantapada (d) , ke daerah lingkungan Bapa; sempurnalah kepandaiannya tentang ilmu emas. Ken Angrok pergi dari lingkungan Bapa menuju ke daerah Tugaran (e), Kepala tertua di Tugaran tidak menaruh belas digangguilah orang Tugaran oleh Ken Angrok, arca penjaga pintu gerbangnya dijunjung diletakkan di daerah lingkungan Bapa, kemudian dijumpai anak perempuan kepala tertua di Tugaran itu (c)  yaitu sedang menanam kacang di sawah kering..........."

2. Tulisan di  Prasasti Sangguran 
Prasasti Sangguran saat ini keberadaanya masih berada di luar Negeri tepatnya di Inggris. Prasasti yang diperkiraaan dibuat tahun 924 masehi pada masa pemerintahan Empu Sendok, prasasti ini di ditemukan didaerah Malang. Dijelaskan dalam prasasti, bahwa Prasasti Sangguran itu bertanggal 14 paro terang (suklapaksa) bulan Srawana 850 saka atau bila dikonversikan ke penanggalan Masehi adalah 2 Agustus 928 M atas perintah Sri Maharaja Rakai Pangkaja Dyah Wawa mengutus patihnya, Rakryan Mapatih Pu Sindok Sri Isanawikrama dari kerajaan Mataram kuno, Jawa Tengah, bahwa Desa Sangguran (f) yang masuk wilayah Waharu (g), dijadikan sima atau Desa perdikan yang penghasilannya diperuntukkan bagi kelangsungan bangunan suci para pandai besi.

Dioprasasti Sangguran Menyebutkan Tugaran = Tagaran







http://kursuskerja.blogspot.co.id/2015/08/kursus-di-lembaga.html



lanjut - pilih : 
  1. Latar Belakang, Rumusan, Batasan danManfaat Penelitian
  2. Sumber Data Sejarah
  3. Kajian Data Sejarah,  Eksploitasi Eksternal
  4. Eksplotasi Internal, Ditinjau dari Geografis
  5. Ditinjau dari Sumber Penemuan Sejarah
  6. Ditinjau dari Hubungan  antaraWilayah