edisi kusus

edisi kusus
Klik gambar... untuk melihat cerita, silsilah, foto keluarga Darmoredjo

6. Kapan Kepanjen ada Peradapan ..?

Jumat, 10 November 2017


 Ditinjau dari Hubungan Wilayah lain 

Berdasarkan bukti-bukti peradapan yang ditemukan "sebelum masuknya penjajah dari Eropa dan Belanda" abad 16 masehi. Penulis mencoba untuk mengembangkan pusat pemerintahan watak Tugaran, dengan radiusnya jarak kurang dari 12 km dari pusat pemerintahan.

Sebelah Utara 
Dengan ditemukan situs Prasasti Kemuning dan situs arca Kebonandi desa Kranggan (baca sejarahnya)situs watu dakon digunung Katu, Kraton Gunung Kawi (baca sejarahnya), umpak besar, arca gajah, arca Kebonandi di Pakisaji (baca sejarahnya).

Sebelah Barat 
Dengan adanya nama daerah tua seperti Paniwen, Kali Biru (kedung biru), Arca Ganesha Karangkates,  bekas candi Jatiguwi, reco watu gatel,  Watu Tumpuk, Benteng Luluh Karangkates

Sebelah Selatan 
Dengan adanya sungai Brantas sungai Brantas dan pegunungan Pusaka (gunung Bendera)

Sebelah Timur 
yaitu umpak Jenggolo, Benteng Jenggolo, sungai Segaran Bureng,  candi terpendam di tepi sungai Brantas desa Penarukan Kepanjen, 
Watu Godek di Desa Tanggung Turen, patilasan Tunggul Wulung di Kepanjen, dimungkinkan tentang penemuan prasasti "Sengguran" di desa Suwaru (Waharu) 

Pengembangan daerah timur sungai Brantas menuju ke arah gunung Semeru, bisa kita buktikan dengan diketemukan Prasasti Batu Godek di Turen (awal abad 10), yang usianya lebih muda dibanding prasasti prasasti Dinoyo (abad 8) daerah Tegaron digunakan untuk pengaturan stategik perang menghalau serangan musuh dari arah selatan melalui pantai selatan. 

Kalau anda membaca Kitab Pararaton lebih teliti lagi, cerita tentang nama daerah seperti : Segenggeng, Tugaran, Lulumbang, Turyanpada, gunung pusaka, Taloka, Kagenengan adalah nama daerah yang berada di wilayah Malang selatan dan keberadaan wilayah tersebut mengelilingi Tugaran (kota Kepanjen)

Pada saat pemerintahan Watak Tugaran untuk menuju tempat Turiyan, Waharu akan melalui jalur gunung sungai metro melewati sungai Brantas melewati lagi sungai Lesti baru dan kalau ke tempat Turiyan mesti melaui "sungai Mati". Melihat jauhnya tempat tujuan tersebut akhirnya daerah Turiyan dijadikan daerah perdikan.



http://kursuskerja.blogspot.co.id/2015/08/kursus-di-lembaga.html




lanjut - pilih :
  1. Latar Belakang, Rumusan, Batasan danManfaat Penelitian
  2. Sumber Data Sejarah
  3. Kajian Data Sejarah,  Eksploitasi Eksternal
  4. Eksplotasi Internal, Ditinjau dari Geografis
  5. Ditinjau dari Sumber Penemuan Sejarah
  6. Ditinjau dari Hubungan  antaraWilayah